Salah satu organ tubuh yang punya peran sangat penting adalah paru – paru. Menjaga kesehatan paru – paru artinya menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut National Heart, Blood, and Lung Institute, penyakit saluran pernapasan bawah, termasuk penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK) dan asma, adalah penyebab ketiga kasus kematian pada tahun 2010.

Pada tahun tersebut, penyakit paru – paru, tidak termasuk kanker paru – paru mencatatkan 235.000 kematian.

Seperti organ tubuh lainnya, paru – paru juga akan menua seiring dengan waktu. Ia akan jadi kurang fleksibel serta akan kehilangan kekuatannya.

Agar bisa menjaga kesehatan paru – paru serta meningkatkan fungsinya, ada beberapa hal yang bisa di jadikan kebiasaan sehari – hari.

Lalu, bagaimana sih cara menjaga kesehatan paru – paru? Yuk simak di sini!

1.Jaga Kebersihan Tangan

Infeksi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan paru – paru, apalagi bagi orang lanjut usia atau lansia. Mereka yang sudah punya penyakit paru – paru juga sangat berisiko terkena infeksi.

Cara terbaik untuk menghindari infeksi paru – paru adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan rutin dengan air hangat dan sabun serta hindari menyentuh wajah.

2.Berhenti Merokok

Kanker paru – paru bukanlah satu – satunya penyakit yang di timbulkan dari merokok. Biasanya merokok di kaitkan dengan sebagian besar penyakit paru – paru.

Merokok juga bisa membuat penyakit paru – paru jadi makin parah. Orang yang merokok di perkirakan 13 kali lebih berisiko meninggal dunia karena PPOK.

Tiap kali merokok, ada ribuan bahan kimia yang masuk ke dalam paru – paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, serta tar.

3.Hindari Paparan Polusi

Polusi udara juga bsia merusak paru – paru dan bisa mempercepat penuaan. Apalagi, paru – paru juga akan kehilangan resistensinya seiring waktu sehingga akan lebih rentan infeksi.

The U.S. Consumer Product Safety Commission mengatakan, polusi di dalam ruangan bisa menjadi lebih buruk dibandingkan polusi luar ruangan.

4.Pernapasan Dalam

Pernapasan dalam bisa membantu membersihkan paru – paru serta menciptakan pertukaran oksigen penuh.

Pada sebuah penelitian yang di terbitkan pada Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India menemukan, ada peningkatan yang signifikan dalam kapasitas vital setelah 2 dan 5 menit latihan pernapasan dalam.

5.Rutin Olahraga

Olahraga dengan teratur juga jadi cara untuk menjaga kesehatan paru – paru dan juga meningkatkan fungsinya. Saat sedang olahraga, jantung akan berdetak lebih cepat serta paru – paru akan bekerja lebih keras.

Jadi tubuh akan butuh lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot. Setelah itu, paru – paru juga akan meningkatkan aktivitasnya supaya bisa mengirim lebih banyak oksigen sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan.

Itulah berbagai cara menjaga kesehatan paru – paru. Semoga bermanfaat.