Sariawan, gusi bengkak, gigi berlubang, maupun bau mulut merupakan beberapa contoh dari kesehatan mulut serta gigi yang buruk.

Kesehatan mulut serta gigi yang buruk akan bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang membahayakan.

Bakteri pada mulut yang bisa membahayakan di kenal dengan istilah mikrobiome oral. Bakteri itu hidup pada area pipi dalam, langit – langit, lidah, amandel, serta gusi.

Kalau lingkungan mulut terlalu asam, kotor, dan lembap, maka bakteri penyebab penyakit akan bisa berkembang dengan cepat.

Bukan Cuma di mulut namun bakteri juga bisa masuk ke aliran darah sehingga bisa berpindah ke jantung, otak, dan usus. Lalu, bagaimana sih cara menjaga kesehatan gigi dan mulut? Yuk simak di bawah ini.

1.Pakai Benang Gigi

Jika kalian tak sempat menyikat gigi setelah makan, kalian bisa mencegah terjadinya sakit gigi dengan memakai benang gigi.

Benang gigi bisa membersihkan partikel dan juga plak yang tertinggal serta masih menumpuk karena susah di jangkau.

2.Jangan Sikat Terlalu Keras

Salah satu tujuan sikat gigi adalah menghilangkan plak gigi. Tetapi kalau kalian menyikat gigi terlalu keras, maka gesekannya akan bisa merobek gusi dan bisa mengikis enamel gigi yang tipis.

Akhirnya, gigi kalian bisa jadi lebih sensitive. Selain itu, cara sikat gigi yang tak benar juga bisa membuat plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang bisa menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi.

Menyikat gigi harus di lakukan dengan lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi dengan durasi sekitar 2 menit.

3.Pakai Pasta Gigi Berfluorida

Fluoride merupakan unsur alami yang bisa kalian temukan dalam kandungan pasta gigi. Fluoride di serap oleh tubuh dan di pakai oleh sel – sel yang membangun gigi kalian dalam menguatkan enamel gigi.

Fluoride juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan cara memerangi kuman serta memberi perlindungan alami untuk gigi.

4.Pakai Obat Kumur

Selain mengusir bau mulut, obat kumur juga bisa di andalkan untuk mencegah sakit gigi. Kandungan yang ada di dalam obat kumur di klaim bisa mengontrol pertumbuhan bakteri sekaligus mengurangi plak yang menempel.

5.Sikat Gigi Rutin

Rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari. Karena, menyikat gigi memiliki manfaat untuk membersihkan sisa makanan dan juga plak yang mengandung bakteri di dalamnya.

Usahakan posisi sikat gigi berada di dalam sudut 45 derajat menghadap gusi. Mulailah gerakan sikat gigi ke depan dan belakang perlahan – lahan.

Bersihkan bagian luar, dalam, serta permukaan gigi untuk mengunyah. Pakai ujung sikat untukmembersihkan bagian dalam gigi depan. Selain menyikat gigi, kalian juga di anjurkan untuk menyikat lidah untuk menghilangkan kuman dan plak.

Itulah berbagai cara menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat.