Paru-paru adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan penting lho, organ yang satu ini merupakan bagian dari sistem pernafasan dan juga berhubungan dengan sistem peredaran darah.

Manusia sendiri memiliki dua paru-paru, yaitu kiri dan kanan, dua paru-paru tersebut memiliki ukuran yang berbeda dimana kanan jauh lebih besar ketimbang yang kiri.

Paru kiri memiliki dua lobus yang mengakibatkan ukurannya lebih kecil daripada yang kanan yang memiliki tiga lobus, paru-paru yang sehat sendiri bisa menyediakan oksigen dengan jumlah yang besar untuk darah.

Paru – paru merupakan organ yang sangat berperan dalam sistem pernapasan bagi manusia. Jika terjadi sesuatu di paru – paru atau organ ini berfungsi kurang baik, maka bisa berakibat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan menaikkan risiko terkena penyakit paru – paru lainnya.

Tidak hanya menjaga paru-paru tetap sehat, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa mencegah infeksi paru-paru. Kondisi ini bisa sangat serius, terutama pada orang tua, anak-anak, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Salah satu cara menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan tidak merokok. Selain itu, ada juga beberapa cara lain yang bisa kalian terapkan untuk menjaga kesehatan paru – paru, yaitu sebagai berikut.

1.Konsumsi Antioksidan dan Rutin Olahraga

Konsumsi Antioksidan dan Rutin Olahraga

Hal pertama yang harus diketahui untuk menjaga paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, misalnya seperti buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C secara rutin.

Mengapa harus vitamin C? karena buah-buahan tersebut dikethaui memiliki kemampuan untuk melindungi paru-paru dari kerusahakan yang diakibatkan oksidan.

Untuk beberapa orang, tentunya melakukan olahraga adalah hal yang sulit, bisa karena urusan pekerjaan atau kelainan lainnya.

Namun kami tetap menyarankan untuk melakukan olahraga ringan, misalnya seperti jogging ataupun jalan santai minimal 3x dalam seminggu.

Tak hanya paru-paru, aktifitas fisik tentunya bisa memberikan manfaat untuk organ tubuh lainnya seperti jantung, dan akan meningkatkan kebugaran tubuh.

2.Jauhi Asap Rokok dan Tingkatkan Udara di Dalam Ruangan

Jauhi Asap Rokok dan Tingkatkan Udara di Dalam Ruangan

Hal kedua yang harus dilakukan adalah dengan menghindari asap rokok, tentunya hal ini bukan rahasia umum lagi bahwa merokok dapat merusak paru-paru.

Maka dari itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menghindari atau jika anda saat ini sedang merokok, kami sangat merekomendasikan untuk berhenti.

Merokok sendiri tidak hanya menimbulkan efek negatif terhadap penggunanya, namun orang disekitar pengguna juga akan terkena dampak dari asap tersebut.

Orang yang hanya menghirup asap rokok tentunya akan mengalami resiko yang sama dengan orang yang merokok langsung.

Cara lain untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan memastikan sirkulasi udara yang masuk di rumah dapat terpenuhi dan baik.

Kamu bisa membuka jendela saat sedang membersihkan area rumah, ataupun membuka pada saat pagi hari karena udara akan terasa lebih segar.

3.Menghindari Paparan Polusi

Menghindari Paparan Polusi

Langkah terakhir yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari paparan polusi seperti debu, asap, dll secara langsung.

Faktanya, polusi tidak hanya terdapat di ruangan terbuka, polusi juga terdapat di ruangan yang tertutup, tentunya polusi ini bisa merusak paru-paru dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan beberapa tindakan untuk mengurangi polusi yang terjadi di dalam ruangan, salah satunya adalah dengan menggunakan filter udara dan rutin untuk menggantinya.

Selain itu, hindari menggunakan bahan kimia yang berbau menyengat di ruangan tertutup, usahakan untuk menutup pintu serta jendela jika kualitas udara di luar ruangan sangat buruk.

Polusi udara di dalam serta luar ruangnann bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru.

Nah, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan udara agar tetap bersih.

Lingkungan di Luar Ruangan

  • Tidak membiarkan mesin mobil menyala ketika tidak dipakai.
  • Tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya dihalaman dan taman.
  • Gunakan masker saat kamu mengendarai motor.

Lingkungan di Dalam Ruangan

  • Membersihkan secara berkala peralatan rumah tangga.
  • Menjaga kebersihan lantai, kamar mandi, dan dapur.
  • Menjaga kebersihan sofa, Kasur, dan bantal dari debu.
  • Menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.

Itulah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan paru – paru. Yang pasti, pola hidup yang sehat akan bisa membantu kalian menjaga kesehatan kalian dibandingkan pola hidup yang tidak baik.