Kalau kalian sekarang ini sedang berjuang untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kencanduan ini.

Sebelum muncul gangguan kesehatan yang lebih serius apalagi sampai permanen akibat alkohol, ada baiknya kalian segera menghentikan perilaku adiksi satu ini.

Batas manusia dewasa mengonsumsi alkohol dalam sehari hanyalah 1 – 2 gelas untuk pria dan 1 gelas untuk wanita. Kalau dari sini saja kalian sudah merasa jauh terlalu sering atau bahkan sampai susah menghentikan kebiasaan, itu sudah berarti kalian kecanduan alkohol.

Orang – orang yang sudah terlanjur kecanduan alkohol dipastikan akan terus mengonsumsi minuman itu tanpa ia kenal kondisi dan situasi. Mereka bahkan tak peduli dengan apa yang akan menjadi konsekuensi mereka.

Meminum minuman beralkohol secara berlebihan tentu saja tak akan baik bagi kesehatan karena bisa merusak oragn – organ tubuh terutama hati.

Selain itu, pengaruh negatif akibat kecanduan alkohol juga bukan hanya bisa dirasakan oleh pengguna namun juga oleh orang sekitar apalagi keluarga kita.

Ini bisa dilihat dari banyaknya kasus KDRT yang terjadi yang kebanyakan dilakukan oleh pecandu alkohol.

Orang yang punya kecanduan akan alkohol juga punya risiko lebih tinggi mengalami kecelakaan disaat mereka membawa kendaraan. Tentunya ini akan membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain.

Karena itulah, orang yang kecanduan alkohol perlu segera menghentikan kebiasaan ini seta diberiken pertolongan sebelum semakin parah.

Nah, untuk kalian yang sedang berjuang menghindari kebiasaan minum alkohol, ada beberapa tips untuk kalian ikuti.

1. Cari Support System dan Lakukan Kegiatan Positif

Cari Support System dan Lakukan Kegiatan Positif

Saat mengatasi kecanduan alkohol, support system atau dukungan dari orang terdekat seperti sahabat dan keluarga sangat penting.

Selain hal itu, kalian juga sebaiknya menjauhkan diri kalian dari lingkaran sosial yang bisa membuat kalian kembali minum alkohol lagi.

Kalian bisa menjadikan pasangan, sahabat, maupun saudara kalian sebagai orang yang mendukung kalian. Mintalah bantuan mereka untuk selalu mengingatkan kalian apa tujuan kalian berhenti minum alkohol.

Minta juga merka untuk memberikan teguran saat kalian sudah mulai berpikir untuk kembali lagi minum alkohol.

Untuk mengatasi keinginan mengonsumsi minuman alkohol, kalian juga bisa mengalihkannya dengan cara melakukan kegiatan yang positif.

Lakukanlah hobi maupun aktivitas yang kalian suka misalnya memancing, berkebun, maupun membaca buku yang kalian sukai.

Saat kalian merasa mulai stress dan mau minum alkohol lagi, tenangkanlah dulu pikiran kalian dengan cara melakukan hal – hal yang sifatnya refreshing seperti olahraga, yoga, ataupun meditasi.

Cara ini ternyata terbukti bisa efektif dalam mengurangi kecemasan maupun stress yang kita alami loh.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat dan Detoksifikasi

Terapkan Pola Hidup Sehat dan Detoksifikasi

Kebiasaan hidup yang buruk juga harus diubah jika kalian mau bebas dari kebiasan beralkohol. Kalian bisa menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi, mengelola stress, rutin olahraga, sampai dengan menerapkan pola tidur yang bagus.

Kebiasaan ini nantinya juga akan membantu serta membuat kalian jadi lebih mudah mengatasi kecanduan alkohol yang kalian alami.

Kalau selama ini kalian terlalu sering minum minuman beralkohol, kalian bisa mencoba menggantinya dengan minuman lagi yang lebih sehat seperti infused water, air putih, jus buah, teh, dan lain – lain.

Selain itu, kalian juga bisa lakukan detiksifikasi. Kegiatan ini betujuan untuk mengeluarkan alkohol serta zat beracun dari tubuh.

Proses ini juga bisa jadi awal pertama dalam menangani serta merupakan langkah terpeinting untuk bisa lepas dari kecanduan alkohol.

Terapi detoksifikasi alkohol biasanya butuh waktu 5 – 7 hari dan bisa dilakukan pada rumah sakit ketergantungan obat atau RSKO.

Saat menjalani proses ini, kalian mungkin akan merasakan gejala – gejala seperti bingung, gemtar, halusinasi, hingga kejang, tapi hal ini sebetulnya bisa dicegah dengan pemberian obat tertentu.

Nah, itulah beberapa tips untuk kalian yang mau keluar dari kebiasaan dan kecanduan minum alkohol. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat membantu kalian dan semoga kecanduan kalian cepat teratasi ya!