Menghentikan kebiasaan rokok adalah tantangan yang besar untuk para perokok. Karena, beberapa kandungan yang ada di dalam rokok memang terbukti bisa memberikan efek kecanduan sehingga bisa memicu munculnya gehala putus nikotin kalau seseorang tiba – tiba berhenti merokok.

Walau begitu, hal ini bukan berarti kalian tidak bisa berhenti merokok sama sekali. Karena, dengan memiliki tekad serta kesabaran yang kuat, kalian akan bisa terbebas dari rokok maupun bahaya yang ada.

Merokok juga diketahui bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi, kalau kita sampai kecanduan dan tidak bisa lepas dari kebiasaan buruk tersebut.

Mungkin inilah kenapa banyak orang atau perokok aktif yang mulai berpikir untuk menghentikan kebiasaan merokok yang mereka alami selama ini.

Walaupun sulit, namun nyatanya sudah banyak loh orang yang berhasil melepaskan rokok dan tidak merokok lagi sepanjang hidupnya.

Setelah lepas dari rokok mereka mengaku bahwa tubuh mereka jadi lebih bugar, bernafas jadi lebih lega, dan masih banyak manfaat baik lainnya.

Kalau kalian merupakan perokok aktif lalu berniat untuk menghentikan kebiasaan ini, kalian bisa melakukan beberapa cara yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Makan Sehat, Rumah Bersih, dan Olahraga Rutin

Makan Sehat, Rumah Bersih, dan Olahraga Rutin

Beberapa perokok aktif biasanya merasa sangat kurang berselera untuk makan. Hal ini dikarenakan nikotin yang ada di dalam rokok bisa mengurangi sensitivitas indra perasa serta penciuman mereka.

Tetapi, ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika makanan yang sehat seperti halnya buah dan sayuran bisa membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Selain itu, makanan yang sehat juga katanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang tubuh butuhkan dan juga mengembalikan selera makan yang kurang karena merokok.

Selain menjaga nutrisi dalam tubuh, kebersihan di lingkungan rumah juga harus senantiasa kita jaga. Kebesihan rumah ini bisa jadi salah satu faktor yang juga bisa membantu kalian agar berhenti merokok.

Kalian bisa menghabiskan waktu dengan mencuci pakaian, karpet, tirau, sprei, dan barang lainnya yang mengandung aroma rokok.

Kalau perlu, kalian juga bisa gunakan pengharum ruangan untuk membuang dan menghilangkan bau asap rokok serta mengalihkan pikiran dari segala hal yang bisa mengingatkan kalian pada rokok termasuk baunya.

Sesudah itu, kalian juga bisa membiasakan diri dengan cara berolahraga. Melakukan olahraga bukan hanya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar serta sehat namun juga bisa mengurangi kecanduan yang dikeluarkan karena nikotin.

Jika keinginan untuk merokok datang lagi, kalian bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan cara olahraga kecil seperti berenang, main sepeda, ataupun jalan santai.

2. Kelola Stress dan Hindari Pemicu Kebiasaan Rokok

Makan Sehat, Rumah Bersih, dan Olahraga Rutin

Stress bisa saja jadi salah satu alasan terkuat kenapa seseorang memilih untuk merokok. Hal ini dikarenakan ada kandungan nikotin di dalam rokok yang bisa menimbulkan efek relaksasi dengan sangat cepat.

Walau begitu, penelitian juga ada yang membuktikan kalau kebiasaan merokok ini justru malah bisa membuat orang jadi lebih gampang stress.

Agar stress reda, kalian bisa mencoba mengubah kebiasaa merokok pelan – pelan dengan cara lakukan aktivitas – aktivitas yang menyenangkan untuk kalian.

Aktivitas itu bisa berupa mendengar musik, terapi pijat, meditasi, dan masih banyak lagi. Lalu, semampu mungkin kalian harus menghindari situasi yang kira – kira bisa mendatangkan stress.

Disaat sedang berusaha untuk stop rokok, kalian juga harus sekeras mungkin berusaha untuk menghindari faktor – faktor maupun kebiasaan yang bisa memancing kalian untuk kembali pada rokok.

Contohnya adalah seperti minum kopi, minum alkohol, ataupun berkumpul bersama dengan perokok.

Kalau kalian terbiasa merokok sesudah makan, kalian bisa mencari cara lain untuk menggantikannya, seperti menggosok gigi ataupun mengunyah permen karet.

Itulah beberaoa cara untuk berhenti merokok yang mungkin bisa menjadi pilihan kalian untuk berhenti merokok. Awalnya mungkin memang sedikit sulit atau bahkan sangat sulit. Tapi, dengan tekad dan ketekunan yang kita miliki, yakinlah kalau suatu saat kita juga bisa melepaskan rokok seperti orang lain. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang mau berhenti merokok.